Minggu, 15 Maret 2015

Arduino, Tutorial

Arduino adalah Open-source Hardware Single Board Microcontroller, yakni sebuat kit sistem minimum berbasis mikrokontroller dengan sifat perangkat keras terbuka. Open-source Hardware (perangkat keras terbuka) maksudnya ialah skema dan desain perangkat kerasnya disebarluaskan secara bebas, tanpa batasan untuk didesain ulang, dikembangkan lebih lanjut, atau diduplikasi.

Arduino Uno pin
Arduino Uno, konfigurasi pin.
Sumber gambar: Jameco.com

Proyek arduino berawal di Italia pada sekitar tahun 2005, dan pendirinya adalah Massimo Banzi dan David Cuartielles. Arduino dirancang untuk memudahkan penggunaan alat elektronik yang dapat diprogram dalam berbagai bidang. Mikrokontroller yang digunakan pada arduino adalah mikrokontroller Atmel AVR, sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan berbasis bahasa pemrograman C.

Ada berbagai jenis board arduino, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Arduino Uno adalah jenis arduino pertama, board jenis ini cocok untuk pengguna yang baru pertama kali mengenal mikrokontroller. Arduino Uno berbasis mikrokontroller 8 bit Atmel ATmega328, dengan Flash Memory sebesar 32 KB, dan beroperasi pada tegangan 5 Volt DC. Selain Uno, masih banyak board jenis lain, diantaranya; Arduino Leonardo, Arduino YÚN, Arduino DUE, Arduino Mega, Arduino Micro, Arduino Mini, Arduino Robot, Arduino FIO, Ardunio LilyPad, dan lain-lain.

Selain dalam bentuk board, pada arduino dikenal juga istilah Shield atau Arduino Shield. Shield / Arduino Shield ini adalah board yang dibuat untuk pengembangan fungsi dari board arduino. Contoh shield untuk arduino ialah; Arduino Ethernet Shield, Arduino Wifi Shield, Arduino Motor Shield, Arduino LCD Shield, Arduino GSM/GPS Shield, dan lain-lain.

Arduino GSM - GPS Shield
Arduino GSM - GPS Shield
 Sumber gambar: gsm-modem.de

Seperti telah disebutkan di awal, arduino diprogram dengan basis bahasa pemrograman C. Terdapat IDE (Integrated Development Environment) Arduino untuk memudahkan pembuatan program, kompilasi, linking / building, hingga upload / pengunggahan programnya ke flash memori yang ada di board arduino. IDE arduino ini bersifat open-source, sehingga bukan hanya bebas alias gratis untuk menggunakan nya, juga bebas untuk dikembangkan lebih lanjut.

IDE Arduino 1.6.1
IDE Arduino 1.6.1
 
Hingga tulisan ini dibuat, versi terakhir IDE arduino adalah ARDUINO 1.6.1, yang dapat dijalankan di sistem operasi Windows, Mac-OS, dan Linux. Anda dapat mengunduh / download-nya di situs resmi arduino, yakni arduino.cc.

Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar