Selasa, 17 Maret 2015

Wifi Router, MR3020, OpenWRT

Router adalah satu bagian komponen dalam jaringan komputer yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Piranti jaringan ini mengurai data yang datang dari satu komputer untuk kemudian dilanjutkan ke komputer tujuan. Router memiliki minimal dua buah antar muka (interface) jaringan, dimana yang satu terhubung dengan jaringan lokal LAN (Local Area Network) dan yang lain terhubung dengan jaringan WAN (Wide Area Network). Kedua jenis antar muka itu, dapat berupa Ethernet, Wireless (WiFi), Serat Optik (Fiber Optic), dan lain-lain.

Modem merupakan kependekan dari Modulator Demodulator, adalah piranti pengubah sinyal untuk disesuaikan dengan media hantar data. Pada jaringan komputer modem digunakan untuk mengubah sinyal analog ke digital dan sebaliknya. Sinyal digital digunakan dalam sistem komputer dan jaringan komputer. Sinyal digital dari komputer atau router jaringan, dikonversi dari dan ke analog oleh modem untuk kemudian diteruskan ke media komunikasi analog seperti telephone dan radio. Pada perkembangannya, fungsi router dan modem sering terintegrasi dalam satu piranti, dan hanya disebut router saja.

Router biasa dikategorikan berdasarkan jenis antarmuka yang digunakan. Contoh jenis router yang banyak digunakan di rumah atau di kantor adalah; ADSL Router dan WiFi Router. ADSL Router sering juga disebut modem DSL (Digital Subcriber Line), --meskipun salah dalam artian sebenarnya--, memungkinkan koneksi jaringan komputer lokal (LAN) terhubung dengan jaringan Internet melalui Line Telephone.

WiFi Router sering disebut router wireless, adalah router dimana salah satu interface-nya menggunakan adapter WiFi. Antar muka WiFi itu, umumnya difungsikan sebagai jaringan lokal (LAN). Contoh router yang banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari adalah TP-Link MR3020. Ini adalah router WiFi yang memiliki kapabilitas untuk dihubungkan ke modem 3G/4G, untuk terkoneksi dengan jaringan internet melalui jaringan selular.

MR3020, dengan antena external
MR3020, dengan Antena External
Router bekerja dengan firmware,  yakni program yang dibuat dan ditanamkan pada memori flash di sistem komputer (SoC/SBC/Microcontroller) tertentu, sehingga piranti itu bisa bekerja sesuai fungsinya. Perusahaan pembuat router membuat firmware untuk tiap router yang dimanufaktur oleh perusahaannya, umumnya dengan lisensi kode sumber (source code) tertutup. Artinya, kode sumber yang dimilikinya tidak dapat disebarkan, dimodifikasi, atau dikembangkan lebih lanjut oleh orang lain.

OpenWRT adalah firmware berbasis sistem operasi Linux, yang dapat diinstall dan dijalankan di piranti router. Seperti halnya distro linux yang lain, OpenWRT bersifat open source. OpenWRT tidak dikhususnya untuk bekerja pada satu router tertentu, tetapi sengaja dibuat untuk bisa berjalan di banyak piranti router. Dengan OpenWRT, pengembang (developer) dapat dengan mudah membuat modifikasi satu piranti router untuk bekerja sesuai kebutuhannya. Banyak proyek yang memungkinkan untuk dibuat dengan OpenWRT, diantaranya; Print Server, Mini Web Server, CCTV/Camera Server, Home Automation, Media Player, Internet Radio, dan masih banyak lagi.

MR3020, Proyek dengan OpenWRT
MR3020, Proyek dengan OpenWRT

Salam,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar